VPS Hosting
Source : riyadnetwork.id

VPS Hosting | Kelebihan, Kekurangan Dan Kegunaan

VPS Hosting – Halo sobat IDNpintar! Apabila kamu pernah mengelola atau bahkan sedang mengelola sebuah wbsite, mungkin kamu pernah mendengan apa itu shared hosting, namun apakah kamu tahu apa itu VPS hosting? VPS Hosting adalah singakatan dari Virtual Provate Server. Jika kamu belum pernah mendengarnya, kamu tidak perlu khawatir, disini kamu akn menjelaskan apa itu VPS Hosting, kelebihan VPS Hosting, dan juga kekurangannya. Jadi kamu dapat menyimak artikel ini sampai selesai.

VPS Hosting adalah salah satu penyedia layanan website hosting yang cukup banyak digunakan. Walaupun digunakan oleh berbagai user, hosting ini menggunakan resource pribadi. Untuk penjelasan mengenai VPS ini, kamu dapat melihat di bawah ini.

Pengertian VPS Hosting

VPS Hosting
Source : atlantic.net

VPS hosting atau Virtual Private Server merupakan salah satu solusi aman dan stabil untuk mengelola suatu website apabila dibandingkan dengan tipe lainnya karena VPS menggunakan ruang server yang didedikasikan hanya untuk kamu. Walaupun tipe ini masih lebih mudah untuk digunakna apabila dibandingkan dengan menyewa atau bahkan membeli server sendiri, fitur dan pelayanan yang akan kamu dapatkan telah sangat memuaskan.

Pada umumnya, pemilik situs akan menyewa VPS dikarenakan jumlah traffic yang dimilki website mereka sudah cukup tinggi, bahkan kadang mencapai batas penggunaan yang telah disarankan pada shared hosting atau lainnya. Namun pemiliki website tersebut belum terlalu membutuhkan server pribadi untuk dirinya sendiri dan akhirnya lebih memilih menggunakan VPS hosting karena ini menjadi pilihan yang terbaik. Dengan ini kamu akan dapat menemukan kebutuhan yang kamu perlukan namun tidak memiliki terlalu banyak ruang.

Kamu akan mendapatkan banyak sekali tawaran mengenai paket VPS hosting yang akan dapat kamu pilih. Setiap paket yang kamu pilih akan menawarkan kelebihan dan kekurangannya yang berbeda beda. Jadi kamu perlu memilih dengan lebih teliti mengenai spesifikasi, fitur, pelayanan, dan harga paket yang akan kamu butuhkan.

Baca Juga :   Apa itu Hosting | Pengertian dan Kegunaannya

Cara Kerja VPS Hosting

VPS Hosting
Source : rackh.com

Fungsi VPS adalah untuk menyediakan server virtual yang meniru server fisik dengan beberapa user yang terbagi.

Hosting yang ini memiliki sifat private karena dengan ini kamu akna mendapatkan kendali penuh. VPS ini akan terpisah dengan server user lainnya pada level OS. Ini serupa dengan proses pertisi pada komputer ketika kamu menggunakan OS lebih dari satu tenpa perlu melakukan reboot. Tidak hanya itu, VPS memiliki sifat virtual karena adanya layer di atas sistem operasi dari server yang membagi. Setiap user akan dapat mengistal OS dn juga software.

Dengan VPS Hosting, website yang kamu kelola akan menjadi platform yang lebih aman karena kamu akan dijaminkan dengna resource seperti CPU core, Disk space, memori, dan lainnya, ini akan membuatmu tidak dipaksakan untuk bnerbagi dengan user lainnya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan akses root-level yang sama. Ini akan sama dengan saat kamu menyewa dedicaterd server yang harganya jauh lebih mahal dari VPS hosting.

Kapan Membutuhkan VPS?

  1. Memerlukan Banyak Custom Software
  2. Membutuhkan Privasi Lebih
  3. Ketika Traffic Website Mulai Tinggi
  4. Membutuhkan Resource dengan Spesifikasi Tinggi
Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Kelebihan VPS

Seperti biasa, kamu aakn mendapatkan kelebihan dan kekurangan apabila kamu menggunakan VPS Hosting ini. Tergantung dengan kebutuhan mu, kamu akan mendapatkan kelebihan dan kekurang yang mungkin sedikit berbeda. Namun pada umumnya kamu akna mendapatkan kelebihan dan kekurangan yang sama.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Resource Lebih Baik

Recources seperti RAM, CPU, Bandwith, dan lain lain, akan kamu dapatkan dan kamu gunkan hanya untuk kau sendiri. Kamu tidak akan perlu membagikan resources yang kamu daptkan dengan pengguna atau user lain. Dengan ini, performa website yang kamu kelola akan menjadi lebih baik karena kamu akan memfokuskan diri dengan website yang kamu kelola tanpa perlu khawatir orang lain akan menggunaknanya.

  1. Perfoma Lebih Baik

Seperti yang telah disebutkan diatas, dikarenakn semua resources yang akan kamu gunakan untuk mengelola website mu kamu gunakan sendiri tanpa perlu khawatir digunakna orang lain, performa server yang kamu gunakan juga tentunya akan menjadi lebih baik. Tingkat kemungkinan terjadinya downtime menjadi lebih kecil dikarenakan server yang kamu gunakn tidak terjadi bounceback yang disebabkan oleh pengunjung.

  1. Keamanan dan Privasi Lebih Terjamin

Dengan menggunakan hosting jenis ini, memungkinkan kamu untuk menyimpan berbagai file di dalam database tersendiri. Pengguna lain tidak akan dapat mengakses server dan file database yang kamu gunakan, meskipun ini terdapat dalam satu server fisik. Tidak hanya itu, VPS juga memiliki sistem backup yang akan dapat kamu andalkan apabila kamu menemukan masalah dan gangguan yang meniimbulkan kehilangan beberapa file. Dengan in kamu akan dapat memulihkannya secara langsung dengan mudah.

  1. Skalabilitas Baik

Dengan berjalannya waktu, perusahaan yang kamu jalankan akan berkembang menjadi lebih besar. begitu juga dengan skala resources yang akan kamu butuhkan untuk mengelola website yang kamu atur.

Dengan menggunakan VPS, kamu akan meningkatkan skala CPU, bandwith, memori, dan resources lainnya yang akna kamu butuhkan untuk mengelola website dengan mudah tanpa perlu memikirikannya.

  1. Kontrol Penuh

Walaupun kamu akan menggunakannya degnan berada dalam satu server fisik yang sama, kamu tidak akan dapat mengakses server yang dikelola oleh pengguna lain, begitu juga sebaliknya. Namun kamu akan mendapatkan kontrol penuh dan akses ke SSh atau Secure Shell Connection dan root server yang kamu gunakan.

Dengan ini kamu akan dengan leluasa memodifikasi dan mengatur sistem operasi, file, aplikasi dan konfigurasi keamanan yang kamu inginkan.

Kekurangan VPS

Selain kelebihan yang kau dapatkan, tentu saja kamu akan mendapatkan beberpaa kekurangan dengan menggunakan hosting jenis ini. Berikut beberapa kekurangan yang mungkin kamu temukan apabila kamu menggunakan VPS Hosting.

  1. Harus Memiliki Kemampuan Teknis

Kebebasan kontrol terhadap pengaturan beberapa aspek yang telah ditawarkan VPS hosting ini akan menuntut para penggunannya untuk dapat memahami sedikit pemahaman teknis dalam pengoprasian suatu server dengan cukup baik agar dapat lancara menjalankannya.

Tidak hanya itu, server adalah bagian penting yang tentunya akan mempengaruhi kinerja semua situs dan aplikasi yang kamu gunakan dalam mengelola suatu website. Apabila kamu melakukan suatu kesalahan dalam proses konfigurasi akan menimbulkan konsekuensi yang yang cukup fatal. Jadi apabila kamu tidak memiliki keandalan dan pemahaman dalam hal teknis, akan lebih dianjurkan apabila kamu tidak menggunakan Hosting jenis ini atau kamu dapat menyewa jasa dan tim khusus dalam menangani hal ini.

  1. Harga Lebih Tinggi

Dikarenakan sifatnya yang lebih ekslusif dan semi-pribadi, biaya sewa yang akan kamu perlukan akan sedikit lebih tinggi daripada shared hosting. Tidak lagi apabila kamu menyewa jasa dan tim untu mengelola server tersebut agar mendaptkan kelancara dn penggunaan VPS dengan optimal.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel VPS Hosting ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *