Cloud Hosting
Source : digitalmarketer.co.id

Cloud Hosting | Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Cloud Hosting – Halo sobat IDNPintar! Apakah kalian sudah kenal dengan istilah hosting? Untuk teman-teman yang mungkin sudah terbiasa dengan dunia blog, situs atau semacamnya tentu saja sudah familiar dengan istilah ini.

Jika pada artikel sebelumnya IDNPintar sudah membahas secara singkat mengenai pengertian hosting, jenis-jenis dan fungsi hosting maka ada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap apa itu Cloud Hosting dan fungsi-fungsinya.

Untuk penjelasan lebih lengkap mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga :   Apa itu Hosting | Pengertian dan Kegunaannya

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting
Source : isnpiratips.id

Cloud hosting adalah web hosting dengan tipe yang memakai banyak macam server untuk menyepadankan load dan mengoptimalkan uptime. Barangkali memakai single server, website kamu akan mengakses “kelompok” yang memanfaatkan sumber dari pool yang terpusat. Jika ada satu server yang tidak berhasil, hal ini akan menunjukkan server yang lain tidak akan terkontaminasi tetapi server tersebut justru akan berfungsi.

Kita beri contoh semisal cloud ini kita jadikan sebagai web dari beberapa perangkat yang tidak sama dan semuanya saling terkoneksi. Semakin banyak perangkat yang terkoneksi ke jaringan, maka akan semakin besar juga sumber yang dimasukkan ke cloud secara menyeluruh.

Pada hosting jenis ini, ada cloud cluster yaitu sebuah bagian dari Cloud Hosting ini sendiri. Tentu saja tidak sama dengan jenis-jenis hosting lainnya, karena kamu akan menerima ruang dengan jumlah khusus dari single server.

Beberapa kelebihan hosting jenis ini yaitu fokus utamanya ada di uptime, sumber sendiri, scaling yang mudah, dan juga alamat IP yang tentu saja memiliki dedikasi.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Arsitektur Cloud hosting

Cloud Hosting
Source : slideplayer.info

Arsitektur hosting jenis ini tidak sama dengan cara setup yang umunya dijalankan pada web hosting regular.

Jika dilihat lagi, satu server menjadi rumah untuk banyak website dari jenis shared hosting yang memakai pendekatan terpusat. Sayangnya, apabila server ini terdapat gangguan, setiap akun yang memakai cloud ini juga akan mengalami gangguan.

Pendekatan distribusi ini jika dilihat dari sisi yang berbeda maka sistem tidak akan membaca atau mengalami hal yang sama. Karena setiap website yang dikirim ke lokasi yang ada, maka bisa dipastikan tidak akan mengalami downtime atau website down apabila server di sumber mengalami gangguan.

Situs Web dengan skala yang besar, seperti situs jaringan sosial dan mesin pencari dengan memakai pendekatan distribusi karena tidak ada diantara situs situs tersebut dengan single server yang mampu menahan beban yang diterima. Arsitektur cloud ini biasanya akan membuat sendiri bahkan bisa saja menyewa sumbernya dari provider yang mana hal tersebut biasanya dilakukan oleh pemiliki proyek besar.

Baca Juga :   VPS Hosting | Kelebihan, Kekurangan Dan Kegunaan

Website di Cloud Hosting

Contoh Cloud Hosting yaitu situs web yang memakai ini sama banyaknya dengan yang menggunakan jenis hosting biasa. Cuma, pada beberapa kasus, hosting jenis ini lebih sering dipakai.

Apabila situs web ini mempunyai tujuan penting, yang mana sebuah perusahaan seakan-akan tidak dapat hidup tanpa situs semacam ini maka hosting jenis ini merupakan pilihan yang sangat bagus. Mengapa demikian? Karena mereka sudah menjadi opsi dari banyak e-commerce, situs web perusahaan, situs lead generation, dan proyek trafik tinggi.

Di waktu yang sama hosting ini akan memberikan kemudahan scaling jika kamu ingin atau membutuhkan energi tambahan. Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah kemudahan untuk perusahaan penerbit dan agensi berita dan yang memiliki keinginan untuk bisa meningkatkan trafik atau klik dalam kapasitas besar di postingan yang mereka keluarkan.

Jika disimpulkan maka yang ini merupakan pilihan terbaik dan tepat apabila kamu sangat ingin sumber yang tanpa batas, bahkan bisa lebih bagus dari jenis share hosting ataupun semacamnya.

Kelebihan Cloud Hosting

Tentu saja ada ada beberapa alasan mengapa cloud hosting bisa menjadi pilihan terbaik bagi para pemilik web dan juga bisnis online. Beberapa alasan tersebut dapat kamu lihat di bawah ini. Berikut keunggulannya:

Uptime Lebih Stabil

Hosting ini menggunakan reosurces yang berasal dari beberapa server cloud dalam cluster. Ini akan membuat website yang kamu kelola menjadi stabil dan tidak mengalami downtime.

Apabila salah satu server yang ada pada cluster ini gagal memenuhi permintaan clien, cloud hosting akan segera memindahkan permintaan yang gagal tadi ke server lainnya sevara langsung.

Dengan ini, server lain akan dapat memenuhi permintaan tersebut tanpa perlu menemukan halangan, dan dengan ini juga website dan aplikasi yang dikelola akan menjadi lebih lancar.

Scalability

Kemudahan skalabilitas yang dimiliki menjadi salah satu fitur terbaik yang dimiliki layanan ini.

Apabila situs yang kamu kelola mengalami perubahan arus traffic yang tinggi, kamu dapat meningkatkan kapasitas yang dimiliki cloud server tanpa perlu membeli server fisik dengan resources yang lebih besar.

Singkatnya, dengan ini, situs yang akan kamu kelola telah dilengkapi dengan server server virtual yang siap menjalankan permintaan traffic suatu wbsite dan aplikasi yang selalu meningkat.

Ini akan mengurangi resiko terjadinya downtime dan offline pada situs kmau yang disebabkan oleh traffic yang melebihi kapasitas.

Dan ketika traffic telah kembali menjadi normal, kamu dapat menurunkan dan juga mengecilkan resources tanpa kesulitan melalui dashboard yang intuitif. Ini telah ditawarkan oleh sebagian besar layanan cloud.

Baca Juga :   WordPress Hosting | Kelebihan dan Kekurangan

Loading Time Lebih Cepat

Dengan menggunakan cloud ini juga kamu akan mendaptkan teknologi load balancing yang akna memungkinkan resources untuk dibaginakn pada server lainnya.

Ini akna menyebabkan situs dan aplikasi yang menggunakan cloud hosting memiliki loading yang jauh lebih lancar dan juga lebih cepat apabila dibandingkan dengan website hosting lainnya.

Load balancing ini akan mengurangi beban pada setiap server dan menghasilkan waktu load yang lebih cepar dari situs yang hanya menggunakan satu server.

Biaya Fleksibel

Secara umum, hosting jenis ini akan memilki biaya dan harga yang tentunya lebih tinggi daripada paket website hosting lainnya.

Namun apabila kamu membutuhkan fitur yang banyak seperti yang disediakan oleh cloud hosting ini, tentunya harga yang ditawarkan cloud hosting akan lebih menguntungkan untuk bisa kamu pakai. Ini lebih baik terutama bagi bisnis dan juga perusahaan.

Data Recovery Lebih Mudah

Resiko adanya kehilangan suatu data merupakan suatu masalah yuang cukup besar, dan ini akan dapat terjadi pada setiap bisnis dan juga pemilih website.

Dengan menyimpan backup data pada komputer dan juha server fisik, kamu akan memiliki resiko besar untuk kehilangan backup tersebut secara permanen apabila kamu tiba tiba menemukan kesalahan yang tidak diduga.

Namun sebagian besar penyedia cloud hosting akan melindungi data penggunanya dengan mengadakan backup pada tempat dan lokasi yang berbeda.

Ini dilakukan agar mencegah hal mengerikan tersebut apabla terjadi kesalahan pada sercer pusat dimana kamu menyimpan data data tersebut.

Kekurangan Cloud Hosting

Walaupun kamu akan menemukan banyak sekali kelebihan yang didapat dari menggunakan cloud hosting, tentunya kamu juga akan menemukan kekurangannya, namun kekurangan yang akan kamu temukan tidak banyak. Beberapa dari kekurangan tersebut adalah sebagai berikut:

Lebih rentan terkena cyber-attack

Dengan menggunakan cloud hosting, kamu akan dapat mengakses semua file yang website kamu kelola dengan menggunakna internet, ini akan meningkatkan resiko terjadinya serangan cyber atau cyber-attack apabila kamu tidak memiliki jaringan koneksi yang tidak aman.

Kecepatan server bergantung pada kecepatan internet Anda

Karena cloud sercer ini akan dapat kamu akses ketika kamu sedang terhubung dengan internet, kecepatan server tersbut juga akan tergantung dengan kecepatan internet yang kamu gunakan.

Pake cloud bisa menjadi mahal

Seperti yang telah disebutkan diatas, cloud provider menerapkan sistem pay as you go, dimana apabila kamu tidak berhati hati dalam mengelola server resourcesmu, biaya hosting yang akan perlu kamu bayar jakan menjadi sangat tinggi.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel Cloud Hosting ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *