Rocky VS Raize

Rocky VS Raize : Review, Spesifikasi dan Perbandingan

Rocky Vs RaizeSigra Ganza-Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agaira, Sigra-Sigra, Toyota dan Daihatsu bersama-sama membuat kolaborasi baru. Si kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky muncul. Kehadiran mereka diharapkan dapat menarik perhatian konsumen. Harganya Rp200 juta namun dilengkapi dengan perangkat keamanan  yang dapat dibilang premium.

Sejak kolaborasi pertama, produk kedua pabrikan itu tidak ada yang identik (persis sama). Perbedaannya adalah mereka berasal dari rahim pabrik yang sama. Tentu saja, masing-masing memiliki karakteristik desainnya sendiri, dan tidak semuanya sempurna. Kedua, posisi harga juga dibedakan. Produk Toyota biasanya sedikit lebih mahal dari Daihatsu. Diferensiasi ini mengikuti Raize dan Rocky. Sebelum kita menggali lebih dalam, pasti ada banyak kesamaan.

“Secara keseluruhan (keduanya) sama. Perbedaannya adalah pada tampilan grille. Rocky ke atas tersenyum lebar dan Raize ke bawah. Fiturnya disesuaikan dengan target konsumen,” ujar departemen Marketing dan CR. Hendrayadi Lastiyoso, yang bertanggung jawab, mengatakan. PT Astra International-Daihatsu Sales Operations (AI-DSO).

Raize dan Rocky didasarkan pada sasis Daihatsu New Global Architecture baru. Platform baru untuk model terbaru masa depan, dan pengenalan pasar di sini. Bawa dua mesin baru yagn salah satunya tidak benar-benar ada. Dengan kata lain, ini adalah mesin 1,2 liter 3-silinder dengan kode WA-VE. Sayangnya, itu belum dirilis. Dijadwalkan untuk akhir tahun ini. Varian turbo baru menggunakan unit 1.0 liter 3-silinder 1KR-VET dengan output 98PS dan torsi 140Nm. Anda memiliki pilihan transmisi manual dan transmisi CVT.

Dimensinya persis sama. Tercatat 4.030 x 1.710 x 1.635 mm (PxLxT). Jarak sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance minimum 200 mm. Ini memiliki banyak fitur serupa. Misalnya, head unit monitor 9 inci, cluster meter digital penuh warna, dan perangkat keselamatan. Fitur standar semua variasi terdiri dari ABS + EBD, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Secara khusus, itu termasuk kehadiran perangkat A.S.A aktif tipe teratas Toyota Safety Sense. Karena ada banyak persamaan, ada juga perbedaan.  Jadi, Rocky vs Raize? Apa saja kelebihan dan kekurangan masing masing? Mari kita lihat artikel Rocky vs Raize di bawah ini.

Rocky vs Raize Dari Segi Desain

Rocky VS Raize
Rocky VS Raize : Eksterior

Ini dimulai dengan Rocky yang meluncur lebih dulu. Seiring nama-nama besar kendaraan off-road terus berlanjut di tahun 90-an, kehadiran mereka menjadi beban berat. Itu jauh dari Rocky dan dikelilingi oleh SUV perkotaan kecil. Tak masalah, karakter tangguh mobil high utility masih terpancar. Fasad adalah pembeda utama dari Raize. Hidungnya didominasi oleh panggangan trapesium besar. Sepintas, itu terlihat seperti Nissan Magnite

Pabrikan telah menambahkan varian baru yang dihiasi dengan aksesori ADS. Jangan lewatkan tampilan sporty dari Raize GR Sport. Namun, menyematkan ADS tidak terlalu ramai. Cukup simpel lewat ornamen kromium di grille, front-rear skid plate, side body moulding, side guard, garnish pintu dan emblem ADS. Persis kebiasaan Daihatsu yang senang nuansa meriah.

Rocky VS Raize Tampak Samping
Rocky VS Raize : Tampak Samping

Grille Raize dibuat berkebalikan. Trapesium memanjang ke bawah dan bergabung dengan area fog lamp. Bagian atas memiliki grille sendiri yang menggabungkan lampu depan. Nuansanya sama dengan desain wajah Agia dan Yaris Face Lift. Dan untuk pertama kalinya, GR Sport menjadi varian teratas model Toyota. Selain TRD Sportivo yang sudah dikenal, kami ingin memperkenalkan Anda kepada departemen olahraga. Demikian pula, itu hanya hiasan. Tak lupa emblem GR Sport berbentuk body kit di sekeliling bodi. Lapisan hitam pada pelek dan warna two-tone memberikan kesan sporty. Mana yang lebih Anda sukai, sederhana atau agresif?

Pada acara peluncuran tersebut, PT Daihatsu Astra Motor mengatakan total ada 11 variasi Rocky. Ini termasuk versi mesin 1.200cc di bawah 1.000cc turbo. Tapi belum untuk dijual. Strateginya melempar dulu unit turbonya. Baris pertama memiliki 5 jenis. Pada kenyataannya, hanya ada satu varian utama, 1.0 RTC. Jenis transmisi, aksesori ADS bawaan, Detail AS dan harga ada di bawah.

  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC M/T – Rp214,2 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC M/T ADS – Rp222,2 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT – Rp227,4 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADS – Rp235,4 juta
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CV A.S.A – Rp236,1 juta

Toyota kompak karena menjual mesin 1200cc. Rencana itu akan menjadi kenyataan nanti. Raize pada dasarnya adalah variasi dari G, tetapi dapat dibagi lagi dengan opsi mesin, transmisi, dan trim GR sport. Yang paling mahal adalah GR Sport TSS (Toyota Safety Sense). Detailnya adalah sebagai berikut, tetapi ada catatan hanya untuk warna tunggal.

  • Toyota Raize 1.0 Turbo G M/T – Rp219,9 juta
  • Toyota Raize 1.0 Turbo G CVT – Rp233,1 juta
  • Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT – Rp244,7 juta
  • Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS – Rp263,7 juta

Fitur Rocky vs Raize

Perlengkapan paling basic dari kedua mobil ini cukup banyak. Dimulai dengan trim di bawah, Anda tidak memerlukan kunci untuk menghidupkan mesin. Panel digital berwarna-warni sangat memanjakan mata dengan empat model visual. Selain itu, pengaturan AC otomatis adalah model tombol digital. Belum lagi monitor 9 inci terbesar di kelasnya.

Tetap membutuhkan pembeda utama. Dari segi kenyamanan, Rocky telah mengoptimalkan sistem audio dengan menambahkan subwoofer aktif berukuran 8 inci. Ya, perangkat ini hanya tersedia dengan Paket Trim ADS. Dentuman bass pasti akan lebnih menendang apabila tidak menggunakan subwoofer.

Rocky VS Raize : Interior

Raize tidak menyediakannya. Namun, itu mendukung perasaan mengendarai tipe sport GR. Semua kursi didekorasi dengan kombinasi kain dan kulit. Kesan sporty harus sangat kental dan lebih elegan. Selain itu, di GR Sport dayung bergerak di belakang kemudi. Perasaan perpindahan manual terasa seperti mobil balap. Pengemudi dapat berkonsentrasi di jalan tanpa berpindah ke tuas transmisi.

Keunggulan lain dari Raize GR Sport adalah Toyota Safety Sense (TSS). Selain jumlah total airbag 6 titik, fungsionalitas paket juga melebihi Amerika Serikat. Isinya antara lain Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control. Yup, ia punya cruise control yang dapat mengatur kecepatan sendiri mengikuti mobil depan.

Meskipun sistem Amerika lebih sederhana. Jumlah fitur tersebut hanya separuh dari 12 fitur yang ada di Daihatsu Rocky, USA dan Perodua Ativa, Malaysia. Rangkaiannya hanya terdiri dari Pre-collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, terakhir Lane Departure Prevention.

Jadi perdebatan antara Rocky vs Raize dan manakah yang lebih baik? Keduanya memiliki kelebihannya masing masing. Tergantug dari segi apa yang lebih anda minat, anda dapat memilih jenis manapun, karena tidak dapat dihindari bahwa 2 mobil ini sangatlah bagus diantara mobil dengan harga yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *