Dedicated Server

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Dedicated Hosting

Dedicated Hosting / Dedicated Server Hosting – Halo sobat IDNPintar! Apakah sobat sudah mengenal apa itu hosting dan jenis-jenisnya? Ternyata ada banyak loh jenis-jenis hosting. Mulai dari Shared Hosting, VPS Hosting, Cloud Hosting, WordPress hosting dan yang terakhir ada dedicated hosting.

Kali ini IDNPintar akan membahas secara lebih rinci apa itu Dedicated hosting, kelebihan dan juga kekurangannya. Nah, tentu pembahasan kali ini sangat cocok untuk sobat yang belum mengenal ap aitu dedicated hosting bukan?

Untuk penjelasan lebih lanjut mari simak ulasannya di bawah ini.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting
Source : blog.indonetdigital.co.id

Dedicated Hosting atau dedicated server hosting merupakan layanan hosting yang diurus oleh providernya, yang mana konsumen bisa menyewa semua server dan tidak sharing kepada siapa pun. Hal ini tentunya akan memberikan banyak sekali kelebihan yang di dapat jika dibanding ketika situs web profesional cuma memakai Shared Hosting jenis yang biasa. Karena seperti yang diketahui satu server Cuma terdapat satu akun hosting saja. Lalu, sobat bisa memakainya sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu loh sobat.

Jika dilihat lagi, dedicated hosting adalah ketika kamu mempunyai semua server untuk milikmu sendiri. Terdapat banyak perbedaan yang harus sobat perhatikan. Yaitu ketika kamu membandingkan alamat IP khusus dan hosting bersama. Dengan ini, kamu bisa sharing sumber server kepada banyak atau bahkan ratusan website lain.

Baca Juga :   Apa itu Hosting | Pengertian dan Kegunaannya

Kamu akan mempunyai semua server untuk melakukan apa saja yang kamu mau. Jadi kamu bukan cuma akan mendapatkan akses menuju akses yang lebih tinggi lagi. Tapi, kamu bisa mengoptimalkan servermu yang mana hal tersebut menjadi sebuah syarat agar website kamu terlihat unik. Fungsi dari hosting jenis ini hampir sama dengan hosting yang lainnya. Kamu tentu harus membayar biaya setiap bulannya agar kamu bisa terus mengakses server ini.

Dedicated hosting mempunyai kekuatan yang mampu membuatnya terkonsentrasi dan bisa mengatasi adanya batasan-batasan dari hosting lain. Disarankan saat akan memilih paket, pastikan kamu untuk melihat dan melakukan research lebih lanjut ya sobat.

Alasan Memilih Dedicated Hosting

Kebanyakan orang yang mempunyai bisnis kelas atas (premium) akan memilih Dedicated hosting untuk situs web sebagai Prioritasnya. Mengapa demikian? Karena dalam hal ini pemilik situs web akan mempunyai hak penuh menyangkut server yang disewanya seperti perangkat keras yang digunakan , memilih operasi, dan lain-lain.

Adapun alasan yang lain yaitu dedicated hosting ini kebanyakan pemilik situs tidak ingin repot mengenai masalah teknis seperti instalasi dan konfigurasi. Apa lagi terkait kinerja servernya, ketika adanya trouble shooting yang harus dilakukan. Itulah mengapa situs web prioritas akan mengambil opsi memakai dedicated hosting ini.

Hosting yang satu ini juga menjadi salah satu hosting yang banyak dipilih dalam server yang disewa. Karena hal tersebut mempunyai tingkat keamanan yang pastinya tidak lebih rendah daripada hosting yang lainnya. Satu akun ini akan sepenuhnya menduduki satu servernya sendiri, tanpa dishare kepada pihak ketiga. Itulah mengapa, Dedicated Hosting memberikan jaminan dalam hal keamanannya.

Baca Juga :   Cloud Hosting | Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Meskipun mahal tapi mungkin akan lebih menjamin karena dilihat dari segi biaya maintanance dan juga servicenya ditanggung oleh konsumen. Sedangkan untuk sang penyedianya hanya akan mengelola hardware serta jaringan yang dipakai.

Untuk sekarang, tidak sedikit provider yang memberikan penawaran untuk konsumen VVIP mereka. Hal tersebut bertujuan agar menjadi suppoort dan lebih memberikan kenyamanan konsumen dalam memakai layana milik mereka ini.

Dari sini bisa kita lihat, kamu lebih bisa memilih hosting jenis mana yang akan dipakai untuk mengembangkan bisnis kamu. Jangan lupa, lebih teliti dalam memilih ya sobat.

Cara Kerja

Dedicated Hosting
Source : bisablog.com

Hosting jenis ini akan memberi konsumennya kendali penuh terhadap hardware dan software server. Awalnya, kamu diberi server yang kosong. Misalnya membuat dan memulai website kamu dari awal, kamu bisa melakukannya dengan website yang baru saja kamu buat. Setelah itu, kamu hanya perlu memberikan tambahan elemen yang mana hal ini berguna agar situs lebih berfungsi.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Kamu bisa menyesuaikan server kamu tergantung dengan jumlah memori internal dan menyimpan semua yang mungkin kamu butuhkan bersamaan dengan sistem operasi dan jenis CPU. Jadi katakanlah dedicated server lebih pas untuk kebutuhan perseorangan dengan tingkat yang pastinya lebih tinggi.

Hal tersebut lah yang membuat server ini menjadi sesuai sehingga menjadi opsi yang tepat agar website bisa selalu berkambang. Server ini  juga dipakai oleh perusahaan lain dan layanan keungan yang butuh menjaga agar data milik mereka tetap aman.

Kelebihan Dedicated Hosting

Akses Penuh

Dedicated hosting ini akan memberi kebebasan penuh pada yang menyewa untuk bisa mempunyai hak akses 100%. Yang lebih menariknya yaitu Dedicated Server akan membebaskan dan memudahkan konsumennya untuk melakukan konfigurasi dari yang dibutuhkannya.

Aman

Kelebihan yang berikutnya dari server ini yaitu jika suatu saat terjadi kerusakan server, maka kamu tidak memegang tanggung jawab atas kerusakan yang terjadi. Sehingga hal ini akan sangat aman untuk kamu mengoperasikan server ini.

Baca Juga :   VPS Hosting | Kelebihan, Kekurangan Dan Kegunaan

Efektif dengan Remot

Berikutnya yaitu kamu dapat mengontrol server memakai remote saja. Kamu tidak usah bersusah payah terus menerus mengawasi servernya secara langsung. Sehingga hal tersebut tidak membuat penggunanya repot selama mengelola website.

Tidak Mengganggu Aktifitas Lain

Saat kamu memakai Dedicated Server ini, kamu dipastikan tidak akan merasa terganggu dengan pengguna lain. Mengapa demikian? karena server ini cuma bisa dipakai oleh 1 orang pengguna saja. Jadi, hal tersebut tidak akan mengganggu kinerja situs web lain jika tiba-tiba saja jumlah pengunjung mengalami peningkatan. Kemudian hal ini bisa memungkinkan konsumen mereka mengelola banyak domain dari satu server yang dimiliki.

Baca Juga :   WordPress Hosting | Kelebihan dan Kekurangan

Kekurangan Dedicated Hosting

Harganya Mahal

Jika membahas masalah kekurangan, tentu saja dedicated ini memiliki harga yang tidak murah. Biaya yang diperlukan ini termasuk ke dalam kategori hosting dengan harga yang mahal. Jika dilihat dari spesifikasi yang dimiliki, maka akan semakin besar pula bayaran yang harus dikeluarkan. Dan sekali lagi tentu saja, hal ini tidak sama dengan share hosting yang bisa membuat penggunanya semacam sokongan (membayar secara bersama) dengan pengguna yang lain.

Kemampuan Advanced

Kekurangan berikutnya yaitu penyewa dedicated ini harus paham dengan kinerja dan cara kendali server ini. karena hal ini kamu dapat mengelola servermu secara maksimal. Apalagi, terdapat banyak pengaturan di berbagai tempat (aplikasi) yang harus kamu lakukan. Sehingga kamu harus paham serta mempelajari pengelolaan data sebelum kamu mulai menyewa hosting yang satu ini.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Dedicated Hosting. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat untuk sobat sekalian mengenai hal di atas termasuk kelebihan dan kekurangan dedicated server hosting ini.

Bagikan ke teman teman kalian jika artikel Dedicated Hosting / Dedicated Server Hosting ini bermanfaat dan membantu. Kebaikan anda solusi untuk mereka. Kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan artikel ini. Terimakasih semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *